Tentang Ponpes Usyaqil Qur'an

LATAR BELAKANG
Dilatarbelakangi dengan nilai-nilai akhlak generasi muda yang semakin menurun, keprihatinan inilah yang membangun untuk menciptakan generasi muda yang hafidz Al-Qur’an 30 juz, mengerti serta paham maknanya sehingga mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ponpes Usyaqil Qur’an (MUQ) adalah pesantren tahfidz alqur’an 30 juz BEASISWA yang terdiri dari program mukim dan non-mukim. Program ini bertujuan mencetak para penghafal dan pengamal Al-Qur’an. Dengan harapan lahirnya Ponpes Usyaqil Qur’an ini, dapat memfasilitasi generasi muda islam yang berkualitas dan bertanggung jawab pada diri dan Agamanya serta menjadi penghafal dan pengamal Al-Qur’an, membumikan Alqur’an serta memfasilitasi masyarakat secara umum untuk bisa lebih mudah mempelajari alqur’an.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Membumikan Al-Quran dan As-Sunnah serta menjaga kemurniannya dari berbagai macam penyimpangan dan penyalahgunaan.
  2. Mencetak generasi-generasi muda Islam yang berkualitas dan bertanggung jawab pada diri dan Agamanya serta menjadi penghafal Al-quran dan pengamal Al-Quran.
  3. Membentuk mental yang baik dan berahklak yang mulia pada setiap santri, serta membina lingkungan sekitar yang kondusif bagi perkembangan mental dan jasmani.
  4. Membentuk kader yang mau memikirkan kelangsungan perkembangan Agama Islam dan kondisi ummat, serta menyebarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Quran dan As-
  5. Sunnah dan semangat bedakwah.
  6. Mengembangkan kreatifitas santri dalam pendidikan agama Islam agar tumbuh berkembang menjadi hamba yamg memiliki nilai spritual yang handal disekitarnya.
  7. Menciptakan kondisi yang memungkinkan pondok pesantren sebagai wahana berbagai kegiatan ilmu pengetahuan dan pertemuan untuk membicrakan dan memecahkan persoalan.
  8. Membangun kepekaan diri dan sosial.

VISI

Membentuk generasi muda yang hafal Al-Quran, berakhlak mulia, beraqidah benar dan berprestasi untuk menghafal Al-Quran diusia muda serta mampu mengamalkan dan mendakwahkan ditengah-tengah masyarakat.

MISI

  1. Menjadi lembaga pendidikan pencetak hafidz/hafidzoh.
  2. Mendidik santri dengan ilmu hadist, fiqih, dan ilmu alat lainya dengan standar kurikulum Internasional.
  3. Membekali pengetahuan ke Islaman bagi santri untuk bisa mengamalkan isi kandungan Al-Quran.
  4. Membekali keterampilan (life skill) serta kemampuan kedisiplinan (leadership) bagi santri agar mampu hidup mandiri dalam menghadapi persaingan global serTa mampu menjadi pemimpin dalam membangun generasi muda yang akan datang.
  5. Membekali santri dengan keterampilan praktis untuk mempu berwirausaha.
  6. Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pembinaan generasi muda yang mulai mengalami pergeseran nilai-nilai agama dan budaya.
Scroll to Top